tanaman-penetral-udara-19GadgetLIVE.co.id – Tanaman bukan hanya berfungsi sebagai hiasan semata, akan tetapi bermanfaat untuk menetralkan udara, membuat udara menjadi bersih. Di tahun 1980-an NASA mencari cara untuk menetralkan udara dari adanya racun dalam suatu stasiun di ruang angkasa. Pada akhirnya NASA berhasil melakukan sebuah penelitian dengan menemukan tanaman penetral kandungan berbahaya di udara. Tanaman ini efektif untuk menyaring udara yang mengandung racun, dan dapat mengubah karbondioksida menjadi oksigen.

Di tahun 1989 penelitian NASA berhasil dipublikasikan, dengan menyertakan 18 daftar tanaman penetral kandungan berbahaya di udara dalam sebuah ruangan. Setidaknya tanaman ini ditanam dengan jarak 10 meter per segi dari tiap tanaman dalam sebuah ruangan di rumah ataupun kantor.

Sebelum membahas tanaman yang bakal jadi penetral kandungan berbahaya di udara, kita perlu tahu dulu beberapa kandungan yang berbahaya di udara. Yang pertama adalah Trikloroetilen, zat ini terkandung dalam cat, tinta cetak, lem serta penghilang cat. Bahaya dari zat ini adalah sakit kepala, muntah, pusing ataupun gangguan pernafasan. Kedua, adalah Formaldehyde, ini biasanya ditemukan dalam tissue, handuk, kantong kertas, serta bahan sistesis lainnya. Kandungan berbahaya ini bisa menyebabkan iritasi pada hidung, tenggorokan dan mulut. Bahkan pembengkakan paru-paru dan pangkal tergorokan.

Ketiga adalah Benzana, zat ini biasa digunakan dalam pembuatan plastik, pelumas, resin, deterjen, serta berbagai obat-obatan, bahkan ditemukan juga pada asap tembakau dan lem. Gangguan yang terjadi akibat zat ini seperti pusing, tekanan darah tinggi, iritasi mata, sakit kepala bahkan pingsan. Keempat yaitu Xylene, zat ini ditemukan dalam karet, asap tembakau, serta knalpot kendaraan. Kandungan berbahaya ini dapat menyebabkan masalah jantung, hati, sakit kepala, dan iritasi pada mulut serta tenggorokan. Dan terakhir adalah Ammonia, zat ini dapat ditemukan pada pembersih kaca, pupuk kimia serta lilin lantai. Zat ini menyebabkan batuk-batuk, iritasi mata serta radang tenggorokan.

Untuk itu NASA menganjurkan 18 tanaman penetral kandungan berbahaya di udara ini wajib kamu tanam.

  1. Dwarf date palm

tanaman-penetral-udara-01Tanaman ini berbentuk seperti tanaman palem atau lebih dikenal dengan sebutan sawit kurcaci. Tanaman ini terbilang ampuh dalam menetralisir udara.

  1. Boston Fern

tanaman-penetral-udara-02Tanaman ini lebih dikenal dengan sebutan pakis pedang boston, yang merupakan tanaman pakis-pakisan yang umumnya menjadi tanaman gantung ataupun tanaman indoor rumah.

  1. Kimberley Queen Fern

tanaman-penetral-udara-03Kimberley Queen Fern merupakan tanaman pakis-pakisan yang sejenis dengan Boston Fern. Hanya saja tanaman ini memiliki daun yang lebih lebar jika dibandingkan dengan Boston Fern.

  1. Spider Plant

tanaman-penetral-udara-04Spider Plant merupakan tanaman yang memiliki daun runcing dan panjang. Umumnya tanaman ini ditempatkan dalam sebuah pot dan digantung, meskipun sebenarnya tanaman ini dapat dibiarkan hidup di tanah.

  1. Chinese Evergreen

tanaman-penetral-udara-05

Tanaman ini disebut juga dengan Aglaonema atau Sri Rezeki. Tanaman ini tumbuh di area kelembaban yang tinggi dan penyinaran yang rendah. Chinese Evergreen merupakan tanaman yang memiliki akar serabut dengan batang tidak berkambium (berkayu).

  1. Bamboo Palm

tanaman-penetral-udara-06Bamboo Palm biasa dipakai untuk tanaman hias dalam ruangan ataupun di luar ruangan. Tanaman ini sejenis pohon palem.

  1. Weeping Fig

tanaman-penetral-udara-07Weeping fig atau pohon beringin ini di luar negeri dikenal dengan istilah Benjamin’s fig. Merupakan spesies tanaman yang berasal dari Asia dan Australia. Beringin merupakan tanaman pohon tropis yang dapat dijadikan tanaman hias dalam pot.

  1. Devil’s Ivy

tanaman-penetral-udara-08

Devil’s Ivy atau yang disebut dengan istilah sirih ganding. Tanaman ini merupakan tanaman yang mudah tumbuh dan subur, walaupun hanya dengan media tanam berupa botol dan air saja.

  1. Flamingo Lily

tanaman-penetral-udara-09Flamingo Lily memang tidak begitu populer menjadi tanaman hias pot, karena selama ini sering dibudidayakan sebagai bunga potong. Disebut Flamingo Lily karena bentuknya yang menyerupai kepala burung flamingo yang memiliki paruh yang bengkok.

  1. Lilyturf

tanaman-penetral-udara-10Lilyturf merupakan tanaman yang memiliki ukuran daun yang lebih pendek dengan bunga berwarna lembayung. Tanaman ini cocok dalam kondisi yang hangat, dengan cahaya matahari yang cukup, dan tetap terjaga kelembabannya.

  1. Broadleaf Lady Palm

tanaman-penetral-udara-11Tanaman ini merupakan tanaman spesies palem kipas, yang berasal dari selatan Cina dan Taiwan. Tanaman ini tidak mudah rusak, dan dapat tumbuh dalam kondisi suhu maupun cahaya apapun, serta mudah dipelihara, hanya saja pertumbuhan tanaman ini terbilang lambat.

  1. Barberton Daisy

tanaman-penetral-udara-12Barberton Daisy merupakan salah satu tanaman penetral kandungan berbahaya di udara, yang memiliki daun memanjang dengan pinggiran daun bergerigi dan berwarna hijau. Memiliki bunga berwarna-warni seperti kuning, merah jambu, orange, ungu, merah, putih dan pink salmon.

  1. Cornstalk Dracaena

tanaman-penetral-udara-13Tanaman ini seringkali dianggap sebagai tanaman liar, karena sering tumbuh bebas di pekarangan. Akan tetapi tanaman ini berguna untuk menetralisir kandungan berbahaya dalam udara.

  1. English Ivy

tanaman-penetral-udara-14

English Ivy merupakan jenis tanaman hias merambat. Pada ruas-ruas batangnya terdapat akar, yang menyebabkan tanaman ini merambat di dinding. Meskipun demikian, tanaman ini sama sekali tidak merusak dinding tembok. English Ivy juga cocok dijadikan tanaman gantung dalam pot.

  1. Varigated Snake Plant

tanaman-penetral-udara-15Ini merupakan tanaman hias yang memiliki daun yang panjang seperti pedang. Tanaman ini termasuk salah satu penetral kandungan berbahaya yang terdapat di udara.

  1. Red Edged Dracaena

tanaman-penetral-udara-16Red Edged Dracaena merupakan sejenis tanaman semak yang berasal dari Madagaskar dan Mauritius. Tanaman ini memiliki daun yang panjang-panjang.

  1. Peace Lily

tanaman-penetral-udara-17

Peace Lily menghasilkan bunga yang harum dengan warna putih. Tanaman ini cocok untuk tanaman indoor, karena tidak membutuhkan sinar matahari yang banyak. Memiliki daun yang bergelombang dan tipis, serta tumbuh berkelompok. Tanaman ini biasa juga dijadikan sebagai tanaman meja.

  1. Florist’s Chrysanthemum

tanaman-penetral-udara-18Florist’s Chrysanthemum atau yang lebih akrab disebut bunga Krisan merupakan tanaman hias berbunga yang dibudidayakan secara komersial. Bunga Krisan memiliki warna kuning dan putih.

Itulah 18 tanaman penetral kandungan berbahaya di udara yang harus kamu tanam di rumah atau pun diletakkan dalam ruang kerjamu. Dengan tujuan untuk menetralisirkan udara, sehingga udara menjadi sehat dan bersih.

LEAVE A REPLY