Kali ini, kita akan belajar dari kisah Jack Ma. Dia adalah contoh kisah bagaimana mendapatkan kekayaan yang sejati. Jack Ma dilahirkan dalam sebuah keluarga yang miskin di Hangzhou, sebuah tempat di bagian tenggara China. Dia gagal masuk ujian perguruan tinggi dua kali dan ditolak kerja sampai berpuluh kali sebelum menemukan kesuksesannya dengan  perusahaan ketiga, Alibaba.

Jack Ma kadang membuat lelucon bahwa kegagalan-kegagalan sebelumnya adalah karena penampilannya. Istrinya, Zhang Ying, seorang guru yang ditemuinya di sekolah mengatakan, “Dia bukan pria yang tampan, tapi aku jatuh cinta padanya karena dia bisa melakukan banyak hal yang pria tampan tidak bisa lakukan.”

jack-ma-in-lifeSalah satu hal yang pria tampan tidak bisa lakukan, tetapi dapat dilakukan Jack Ma adalah “belajar”. Jack Ma adalah pelajar yang gigih. Di masa remajanya, dia bangun pagi setiap hari untuk bekerja sebagai pemandu wisata, menawarkan kepada pengunjung tentang wisata kota Hangzhou yang indah.

Di dalam dunia bisnis, salah satu kutipan terkenal adalah, “Anda harus belajar dari pesaing Anda, tetapi Anda bukan sebagai penyalin. Jika Anda menyalin pesaing Anda, Anda akan hancur.”

Jadi, apa yang harus Anda pelajari dan harus Anda lakukan untuk menjadi pebisnis yang meraih kesuksesan di masa depan? Berikut adalah 3 hal yang harus Anda lakukan.

  1. Pelajari apa yang Anda tidak tahu

jack-ma-cukHal ini jelas bahwa kita harus memiliki semangat untuk belajar seumur hidup. Hal ini sangat mudah bagi sebagian dari kita untuk mengisi kesenjangan pengetahuan, tetapi dengan informasi palsu. Otak kita memiliki kecenderungan untuk secara otomatis membuat koneksi dan keyakinan untuk mengisi kesenjangan meskipun kita tidak memiliki informasi yang lengkap.

Kami harus selalu menyadari dan menerima kenyataan bahwa ada daerah tertentu yang tidak kita ketahui secara penuh dan kebenaran tertentu yang tidak akan kita ketahui sampai nanti.

Salah satu cara untuk belajar adalah berbicara atau berdiskusi dengan para ahli domain, pelanggan, dan rekan-rekan. Mengapa pesaing Anda menuangkan investasi ke produk yang mereka pikir ketinggalan zaman? Jika Anda tidak belajar, Anda mungkin akan membuat keputusan pada informasi yang buruk, atau Anda bahkan mungkin gagal untuk mengenali informasi baik yang datang pada Anda.

  1. Pelajari kapan waktu yang tepat untuk bertindak

jack-ma-alibaba-2011Bergerak dan bertindak pada waktu yang salah dapat berakibat fatal bagi bisnis Anda. Penggerak pertama adalah bentuk keunggulan kompetitif perusahaan untuk mendapatkan target atau sasaran pasar, kapan Anda dapat mendatangkan pelanggan dan menangkap pangsa pasar.

Namun, ketika hal-hal berubah dengan cepat dengan inovasi teknologi, keuntungan penggerak pertama hilang ketika pesaing Anda mampu mengejar ketinggalan dengan produk yang lebih terbaik dan didukung dengan teknologi termurah dan terbaru. Ini adalah bagaimana pasar negara berkembang menjadi keajaiban teknologi, di mana Estonia adalah negara pertama yang memiliki tempat tinggal digital. Melihat keuntungan penggerak pertama menjadi kurang berdampak, kita harus belajar kapan harus berhenti dan menunggu waktu yang tepat untuk bertindak.

  1. Belajar untuk merenungkan keputusan masa lalu Anda

Menilai keputusan Anda di masa lalu dapat membantu Anda belajar dari kemenangan Anda, tantangan, dan kegagalan yang pernah Anda alami.

jack-ma-1-3Dalam salah satu pidato paling luar biasa Steve Jobs selama di Stanford University, ia berkata, “Anda tidak dapat menghubungkan titik-titik harapan masa depan; Anda hanya dapat menghubungkan mereka ke belakang. Jadi, Anda harus percaya bahwa titik-titik Anda, bagaimana pun akan terangkai di masa mendatang. Anda harus percaya pada sesuatu – intuisi, takdir, hidup, karma, atau apapun. Pendekatan ini tidak pernah mengecewakan saya, dan itu telah membuat semua perbedaan dalam hidup saya.”

Luangkan waktu untuk menghubungkan lagkah-langkah Anda dengan merenungkan masa lalu. Ini bukan berarti bahwa Anda terjebak di masa lalu. Dengan merenungkan masa lalu berarti Anda dapat menghubungkan titik-titik pada jalur karier Anda untuk masa depan.

Itulah tiga hal yang harus Anda lakukan jika Anda ingin menjadi orang sukses di masa depan. Telah banyak orang yang meraih kesuksesan dengan menanamkan tiga hal tersebut pada kehidupan mereka. Saatnya Anda bangkit dan tentukan masa depan kesuksesan Anda.

LEAVE A REPLY