Samsung-Galaxy-Lemot-01

GadgetLive.co.id – Rasanya pasti kesal sekali ketika lagi enak-enak browsing lalu Samsung Galaxy Anda lemot. Ihh… kaya pingin langsung banting HP, ya.

Eits… jangan, dong! Sabar dulu. Yuk, dicari solusinya!

Samsung adalah salah satu merek smartphone yang paling diminati saat ini. Ada jutaan orang yang memiliki smartphone Samsung sebagai teman beraktivitas. Ada kalanya selama pemakain terjadi ponsel lemot.

 

Jika terjadi demikian, tidak semua pengguna dapat segera mengatasi. Tidak jarang pengguna yang panik langsung membawa ponsel Samsungnya ke service center. Padahal, sebenarnya pengguna dapat mengatasi sendiri ponsel Samsung yang lemot.

 

Pada dasarnya, cara mengatasi smartphone Samsung Galaxy yang lemot sama saja untuk semua seri. Pengguna perlu mengetahui mengenai komponen dasar smartphone, seperti Prosesor, memory, GPU, dan RAM agar dapat mengatasi sendiri kelemotan.

 

Berikut kami sajikan beberapa tips yang dapat digunakan untuk mengatasi Samsung Galaxy yang lemot.

Samsung-Galaxy-Lemot-02

  1. Nonaktifkan Aplikasi Bawaan Pabrik

Smartphone Samsung selalu dibekali oleh aplikasi-aplikasi bawaan pabrik. Tidak semua aplikasi bawaan pabrik tersebut dibutuhkan oleh pengguna. Agar smartphone Samsung Galaxy tidak mudah lemot, ada baiknya aplikasi bawaan yang tidak dibutuhkan dinonaktifkan saja. Hal ini untuk mengurangi beban kerja prosesor dan memori.

 

Caranya dengan membuka pengaturan smartphone lalu memilih menu aplikasi. Setelah itu, pilih aplikasi yang ingin dihapus atau dinonaktifkan. Jika sudah ketemu, hapus instalan atau nonaktifkan aplikasi yang tidak dibutuhkan.

Samsung-Galaxy-Lemot-03

  1. Pindahkan Aplikasi ke Memori Eksternal

Aplikasi unduhan biasanya akan tersimpan secara otomatis di memori internal. Hal ini juga dapat membuat Samsung Galaxy mudah lemot karena kapasitas memori internal penuh atau tinggal sedikit. Untuk menyiasatinya, Anda dapat memindahkan aplikasi yang tersimpan di memori internal ke memori eksternal. Dengan demikian, hardware Samsung Galaxy tidak terlalu terbebani oleh kapasitas memori yang penuh.

Samsung-Galaxy-Lemot-04

  1. Hindari Penggunaan Multitasking

Tanpa disadari, kita tentu sering menggunakan smartphone Samsung untuk penggunaan secara multitasking. Bermain game sambil mendengarkan musik dan menerima pesan melalui media sosial biasa kita lakukan. Padahal, penggunaan multitasking tersebut membuat kinerja prosesor semakin berat. Smartphone Samsung pun akan lebih mudah menjadi lemot.

Samsung-Galaxy-Lemot-05

  1. Rajin Menghapus Berkas Sampah

Semua aktivitas yang dilakukan menggunakan smartphone Samsung akan meninggalkan berkas sampah, histori, cache, dan berkas tidak penting lain. Apabila dibiarkan menumpuk, berkas-berkas sampah tersebut akan semakin memakain memori. Akibatnya, smartphone dapat menjadi lemot. Oleh karena itu, ada baiknya rajin menghapus berkas sampah di ponsel Anda agar tidak mengakibatkan kelemotan.

Samsung-Galaxy-Lemot-06

  1. Uninstall Live Wallpaper

Tanpa disadari, live wallpaper, widget, dan launcher adalah salah satu pemicu smartphone menjadi lemot. Live wallpaper memang memperindah tampilan smartphone Samsung, tetapi menyebabkan keleletan. Anda dapat meng-uninstall live wallpaper dengan mengganti ke launcher yang lebih ringan.

Samsung-Galaxy-Lemot-07

  1. Soft atau Hard Reset Smartphone

Soft atau hard reset bermanfaat mengembalikan ponsel ke bentuk semula, yaitu seperti kondisi baru. Semua aplikasi dan memori akan terhapus. Pengaturan smartphone akan kembali ke posisi default seperti saat baru membeli. Cara ini efektif untuk mencegah kelemotan yang sudah parah pada smartphone. Namun, pastikan bahwa Anda sudah mem-back up semua data penting menggunakan aplikasi yang tersedia.

Samsung-Galaxy-Lemot-08

  1. Akhiri Aplikasi yang Berjalan

Pada Samsung tipe low end, Android lemot biasanya disebabkan oleh aplikasi yang berjalan tanpa sepengetahuan pengguna. Pengguna dapat mengatasinya dengan menekan tomboh home selama beberapa saat sampai muncul menu pengelola tugas. Menu tersebut akan memperlihatkan sejumlah aplikasi yang sedang berjalan. Tekan tombol akhir agar aplikasi berhenti berjalan.

 

Nah, itulah tujuh tips penting untuk mengurangi kelemotan pada smartphone Samsung Galaxy Anda. Selamat mempraktikkan, ya!

LEAVE A REPLY