Samsung tidak henti menelorkan inovasi baru. Perusahaan teknologi kelas atas asal Korea Selatan ini mengembangkan sayap bisnisnya ke bidang perangkat realitas virtual atau yang biasanya dikenal dengan VR. Bersama dengan Oculus, Samsung menciptakan inovasi baru melalui sebuah kacamata berbasis Samsung Gear VR. Bagaimana, tertarik untuk mencoba?

Tenang… Samsung Gear VR ini telah dirilis di pasar Indonesia, loh. Bagi kalian yang ingin mencoba kecanggihannya dapat segera mencarinya di toko-toko elektronik. Namun, alangkah lebih baiknya apabila menyimak terlebih dahulu terkait spesifikasi dari Samsung Gear VR ini.

harga-samsung-gear-vr-1Samsung Gear VR ini adalah generasi ketiga yang diluncurkan ke tengah-tengah masyarakat pecinta brand kenamaan ini. Dari segi berat pun, Gear VR ini dibuat lebih ringan dan lebih nyaman untuk dibawa. Beratnya hanya sekitar 280 gram saja. Ringan, kan?

Dari segi tampilan, samsung jenis ini dibuat berbeda dengan para pendahulunya. Dibandingkan dengan para pendahulunya, Gear VR didesain lebih sederhana, dengan menghilangkan hiasan putih di bagian atas yang berfungsi sebagai penyangga tali. Tampilan body dari Samsung Gear VR ini didominasi oleh warna putih. Pada bagian kanan, terdapat trackpad yang dilengkapi sensor gyrometer, akselerometer, dab tombol back. Selain itu, ada pula pengaturan volume untuk mengurangi atau menambah.

samsung-gear-vr-9Meskipun ruang mata terlihat sempit, kenyataannya tidaklah demikian. Ruang kacamata pada Gear VR cukup besar sehingga pengguna tidak perlu membuka kacamata. Namun, apabila ingin lebih nyaman, pengguna juga dapat melepas terlebih dahulu.

Bagi yang ingin mencoba, sebaiknya lengkapi dulu koleksi Anda dengan samrtphone Samsung Galaxy Note 5, Galaxy S6, Galaxy S6 Edge, Galaxy S6 Edge+, dan Galaxy S7 Edge. Pasalnya, Samsung Gear VR adalah perangkat yang harus diintegrasikan dengan jenis-jenis smartphone tersebut. Caranya dengan menghubungkan Gear VR dengan koneksi micro USB. Untuk menghubungkannya, smartphone dapat diletakkan di bagian depan headset Samsung Gear VR.

samsung-gear-vr-review-02608Samsung Gear VR ini dilengkapi dengan pengaturan autofokus. Fungsi dari autofokus tersebut adalah untuk menyesuaikan fokus penglihatan pengguna. Hal ini untuk mengurangi risiko atau efek samping yang mungkin saja terjadi, seperti pusing dan motion sickness.

Samsung Gear VR ini memang dibuat dengan kualitas yang lebih mumpuni. Dibandingkan dengan pendahulunya, Gear VR ini menyajikan gambar yang lebih baik. Kualitas gambar jauh lebih jelas dibandingkan dengan Gear VR yang terdahulu. Gear VR generasi ketiga ini dibuat dengan pandangan yang minim blur sehingga pembaca tetap dapat dengan jelas membaca tulisan yang ada di depan mata.

oculus-samsung-gear-vr-minecraft-microsoft_1Kualitas video pun sudah baik, yaitu dengan menampilkan kondisi yang cukup real. Pengguna akan dibawa merasakan suasana seakan benar-benar sedang berada atau turut serta dalam kejadian. Suasana di luar angkasa pun seakan nyata. Detail yang ditampilkan benar-benar mengagumkan, dari segi bebatuan, permukaan planet, hingga bintang-bintang di langit. Kelebihan lain adalah warna tampilan yang tidak terlalu mencolok dan memberikan efek hangat di mata.

Untuk pengoperasian trackpad yang berada di sebelah kanan, pengguna dapat mengarahkan pandangan ke opsi yang dituju hanya dengan menggerakkan kepala. Kemudahan ini bisa terjadi karena di keberadaan pointer berwarna merah sebagai pengganti peran kursor. Namun, memang pengguna harus terbiasa dengan pointer tersebut. Pointer yang berfungsi sebagai navigadi ini memiliki sensor gerak yang sensitif. Jika tidak hati-hati, pengguna bisa saja salah memilih opsi atau malah bergerak-gerak sendiri.

LEAVE A REPLY