merawat-baterai-02GadgetLIVE.co.id – Kehadiran ponsel pintar sangat berpengaruh positif terhadap pekerjaan kita sehari-hari. Kegiatan yang sebelumnya tak dapat dilakukan dengan hanya sekali sentuhan layar, kini hampir tak ada yang tak bisa dikerjakan. Bahkan, tak hanya satu kegiatan, beberapa kegiatan dapat kita lakukan sekaligus alias multitasking hanya dalam satu layar. Tak heran, hal ini seringkali menjadi penyebab baterai ponsel pintar menjadi boros dan cepat habis. Meskipun, kenyataannya tak hanya disebabkan faktor itu saja.

Banyak faktor yang menyebabkan baterai hp khususnya baterai ponsel pintar menjadi boros meskipun pada teorinya memiliki daya baterai yang tinggi. Beberapa kejadian yang sering terjadi disebab oleh hal-hal berikut.

merawat-baterai-01

  1. Pengguna terlalu banyak mengaktifkan aplikasi ponsel secara bersamaan
  2. Kecerahan layar yang berlebihan dan tak sesuai kebutuhan menjadi faktor dominan penyebab daya baterai cepat habis
  3. Pengguna menggunakan charger ponsel yang tidak dalam kondisi prima alias usang. Bisa juga karena charger yang digunakan tidaklah original bawaan pabrik
  4. Pengguna terlalu sering memainkan game yang terintegrasi dengan jaringan internet. Selain memacu kinerja berlebih, pencarian sinyal internet juga memakan daya baterai cukup besar.

Demikian beberapa faktor yang biasa terjadi dan menjadi penyebab utama baterai ponsel pintar Android kita cepat habis alias boros. Tak usah khawatir, GadgetLIVE.co.id telah merangkum cara untuk mengatur pemakaian baterai ponsel agar kembali ke performa normal. Berikut langkah-langkah yang dapat diterapkan.

  • Kurangi fitur yang sedang tak dibutuhkan dengan cara mematikannya. Fitur yang dimaksud biasanya mengarah pada WiFi, GPS, Bluetooth, Hotspot Seluler, dll.
  • Atur intesitas cahaya/kecerahan. Disarankan menggunakan intensitas cahaya tidak terlalu terang alias cukup disesuaikan dengan kebutuhan cahaya ruangan. Hal ini penting untuk dilakukan, karena selain dapat menghemat daya baterai, juga mampu menjaga mata kita agar tak terlalu berkontraksi dan tetap terjaga kesehatannya.
  • Mode vibrasi/ getar memakan banyak daya. Untuk itu, minimalisir penggunaannya apabila sedang tak berada pada mode silent dimana kita sedang dalamsituasi rapat atau hal kusyuk lainnya.
  • Mempercepat screen timeout.
  • Matikan fitur autosycn dan automatic update jika tidak diperlukan.
  • Lakukan pengisian ulang daya baterai (charging) sesuai ketentuan yang direkomendasikan, yakni sebelum daya habis dan apabila daya telah mununjukkan angka penuh segera lepaskan ponsel dari chargernya, juga charger dari terminalnya.
  • Minimalisir penggunaan powerbank. Terlalu sering menggunakan alat pengisian daya portable seperti powerbank hanya akan memperburuk usia baterai. Karena arus listrik yang dihasilkan tak sesuai dengan yang dibutuhkan ponsel.
  • Jauhkan ponsel pintar dari suhu ekstrim yang terlalu panas. Amankan pada tempat yang bersuhu dibawah 30 derajat celsius.
  • Hindari penggunaan wallpaper berwarna putih dan cerah, karena akan membuat baterai boros daya.
  • Dan yang terkahir,sangat dianjurkan untuk menggunakan power saving mode.

Selain langkah-langkah di atas. Ada cara lain sebagai alternatif jika kamu menginginkan kinerja ponsel Android maksimal namun tetap dengan daya baterai yang tahan lama. Sebagai gantinya, kamu dapat menggunakan aplikasi yang tersedia di GooglePlay. Mari kita ikuti langkah-langkah penggunaan aplikasi yang dapat membuat baterai pnsel Androidmu lebih tahan lama, dan langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Gunakan daya baterai sampai indikator baterai menunjukkan daya kurang dari 20%
  • Kemudian install apikasi yang dibutuhkan. Kamu bisa menggunakan aplikasi baterai yang tersedia di GooglePlay Store
  • Dan langkah selanjutnya yakni install aplikasi baterai tersebut sampai berhasil terpasang
  • Kemudian charging ponsel Androidmu
  • Tunggu hingga proses pengisian baterai penuh hingga 100%.

Dalam kondisi seperti ini, jangan pindah aplikasi ataupun jangan melepaskan charger hingga pengisian selesai dilakukan. Biarkan saja aplikasi berjalan dan charger tetap tertancap. Jika proses telah selesai dilakukan, akan muncul notifikasi demikian, “Lakukan hal ini selama kurang lebih 6-10 hari”. Jika dirasa cukup, kamu bisa melakukannya cukup sekali saja dalam sebulan.

Low Battery Smartphone

Demikian rahasia untuk menghemat kinerja baterai ponsel Androidmu. Yang perlu digarisbawahi adalah, walaupun hal-hal di atas telah diterapkan dengan baik, tetap saja sebuah baterai ponsel memiliki usia pakai yang terbatas dan jumlah cycle count yang juga terbatas.

 

LEAVE A REPLY