inikah-planet-paling-berbahaya-di-tata-surya-01GadgetLIVE.co.id – Kini NASA mulai melanjutkan penelitiannya terhadap pada sebuah exploplanet yang memiliki jarak dari bumi 40 juta tahun cahaya. Planet asing yang pertama kali ditemukan dengan sebuah teleskop ini diberi nama “55 Cancri-e”. Tapi planet yang ditemukan ini bukanlah sebuah tempat layak huni.

55 Cancri-e diklaim sebagai salah satu planet paling berbahaya di tata surya Karena lingkungannya tidak layak huni bahkan beracun dan memiliki suhu panas yang begitu tinggi. Walaupun penilaian tersebut masih diragukan kebenarannya, tapi NASA masih terus berjuang untuk mengumpulkan data-data dan bukti ilmiah mengenai ekosistem planet tersebut.

55 Cancri-e merupakan planet yang termasuk golongan memiliki istilah “super earth”. Jadi lokasi planet tersebut berada di luar dari bima sakti dan memiliki ukuran bahkan lebih besar dari Bumi tapi memiliki ukuran planet lebih kecil dari Neptunus.

Planet 55 Cancri-e ini memiliki permukaan dilapisi oleh karbon yang sudah mengkristal Karena planet ini kebanyakan mempunyai material karbon.

Tim Astronom internasional yang dimpimpin oleh University of Cambridge melakukan langkah awal dengan mempelajari data-data planet 55 Cancri-e yang sudah ada sebelumnya diambil dengan teleskop luar angkasa Spitzer milik NASA.

Baca Juga : Kini ada Game Baru Buat Para Pengemar EXO

Seorang professor bernama Giovanna Tinetti yang berprofesi juga sebagai peneliti di NASA mengungkapkan, kalau planet 55 Cancri-e berjalan sesuai orbit pada sebuah bintang yang mempunyai karakteristik tidak berbeda dengan matahari. Perbedaanya hanya planet tersebut untuk mengitari bintang tersebut membutuhkan waktu 18 jam.

Menariknya dari planet ini memiliki daerah pasang dan pada bagian itu selalu menghadap ke bintang. Daerah yang berada di planet hamper tertutup lava dengan temperature tinggi yaitu 2.400 derajat celcius. Tapi, Planet 55 Cancri-e juga memiliki daerah padat dengan temperatur 11.100 derajat celcius.

inikah-planet-paling-berbahaya-di-tata-surya-02

Planet 55 Cancri-e mempunyai permukaan berteksture bebatuan tajam, atsmofir yang ada di sana sangat berbahaya bahkan mematikan Karena terdapat banyak senyawa hidrogen sianida. Senyawa tersebut sudah pasti sangat mematikan apabila dihirup oleh manusia.

“Temuan ini merupakan hasil yang menakjubkan karena kita baru pertama kali menemukan Planet Super-Earth dengan kondisi atmosfer yang mengesankan. Terlepas dari semua elemen Planet yang berbahaya, kami tetap terkesima dengan kondisi 55Cancri-e. Planet ini adalah planet eksotik nan misterius yang seolah tak akan habis untuk dikupas, baik dari segi ekosistem atau cara ia bekerja pada alam,” kata Tinetti.

Jadi sekian artikel kali ini yang membahas mengenai Planet paling berbahaya di Tata Surya. Semoga dapat bermanfaat.

LEAVE A REPLY