intel-bersiap-menghadapi-era-iot-di-2020-dengan-koneksi-5g-01GadgetLIVE.co.id – Intel memperkirakan bahwa pada tahun 2020 akan ada 50 miliar perangkat pintar yang dapat terkoneksi ke internet. Era tersebut akan menuntut banyak aktivitas untuk terhubung dengan internet (internet of things/IoT).

Saat era itu tiba, akan dibutuhkan teknologi yang dapat menghubungkan konektivitas secara lebih cepat dan bisa diandalkan. Teknologi jaringan generasi kelima (5G) diklaim dapat membantu dalam kecepatan konektivitas tersebut. teknologi 5G ini sudah mulai didesain untuk dapat mengakomodasi pertumbuhan IoT di dunia.

Perusahaan asal Amerika Serikat ini melihat bahwa Internet of Thing akan berkembang secara cepat dan pesat. Hal ini seiring dengan semakin meningkatnya kebutuhan manusia akan penggunaan data.

Data yang besar perlu dikelola menggunakan teknologi yang bisa bekrja secara cepat dan maksimal. Teknologi 5G inilah yang kemudian ditunjuk untuk mengakomodasi pertumbuhan penggunaan data tersebut. penggunaannya terutama untuk data-data yang berkaitan dengan IoT.

Teknologi 5G diklaim tepat karena memiliki “pipa” besar. Teknologi 5G dapat dihubungkan dengan mesin yang berfungsi dalam pengelolaan data. Selain itu, diperlukan teknologi untuk menghubungkan ke “pipa” besar tersebut.

Intel pun tengah bersiap untuk membangun teknologi 5G. Intel akan memfokuskan pembangunan untuk mempersiapkan prosesor yang nantinya akan digunakan ke berbagai perangkat. Teknologi 5G tercepat ini akan mulai digunakan pada tahun 2018. Adapun untuk komersialisasi baru akan terjadi di tahun 2021.

Teknologi 5G yang dipersiapkan Intel akan menggunakan teknologi multiple. Teknologi ini akan mengakomodasi kebutuhan data besar di machine to machine (M2M).

Baca Juga : Softbank 503 , Ponsel Lenovo Yang baru lahir

Pemakaian data sendiri akan terus meningkat seiring berjalannya waktu, saat ini, rata-rata orang menggunakan data sebesar 650 MB per hari. Di tahun 2020 nanti, setiap orang membutuhkan 1,5 GB data per harinya.

Mobil yang dapat berjalan sendiri akan membutuhkan data sebesar 4.000 GB per harinya. Sementara itu, sebuah pesawat terbang akan membutuhkan data sebanyak 40.000 GB per hari. Dengan demikian, mesin membutuhkan konsumsi data yang jauh lebih besar daripada manusia.

Penggunaan IoT sebenarnya akan sangat bermanfaat untuk kehidupan manusia di era digital seperti saat ini. Tujuan akhir dari penggunan teknologi ini adalah untuk mempermudah pengguna. Selain itu, teknologi ini diharapkan mampu mengurangi beban kerja pengguna.

Intel akan menciptakan sesuatu yang lebih efisien. Pun, Intel akan meningkatkan produktivitas kerja. Lifestyle pengguna akan berubah dan tentu berdampak pada aktivitas sehari-harinya. Aktivitas akan menjadi lebih mudah dan praktis.

Intel menjelaskan baha vendor akan mendapatkan dua manfaat dari penggunaan IoT. Pertama, sensor pengguna sangat murah. Kedua, teknologi konektivitasnya sudah terjangkau, mulai dari 2G, 3G, 4G, hingga Wi-Fi. Dengan demikian, IoT diharapkan mampu memudahkan vendor dalam melakukan inobasi baru demi kemudahan setiap orang.

intel-bersiap-menghadapi-era-iot-di-2020-dengan-koneksi-5g-02Country Manager Qualcomm Indonesia, Shanedy Ong, membenarkan bahwa IoT akan memudahkan para pengguna dalam melakukan berbagai kegiatan hariannya. Berbagai kegiatan tersebut akan menjadi lebih efisien dalam hal waktu. IoT juga dapat membantu manusia bekerja lebih tertata sehingga produktivitas akan meningkat.

Shanedy Ong membeirkan contoh untuk profesi dokter. IoT bisa membantu dokter untuk memantau pasien yang masuk dalam wilayah device. Dokter tidak perlu lagi melakukan kunjungan stau per satu seingga waktu akan lebih efisien.

IoT bisa dikatakan sebagai internet of everything. Hal ini karena IoT memungkinkan untuk terhubung ke semua perangkat hanya menggunakan koneksi internet. Medianya bisa menggunakan smartphone untuk kegiatan operasional.

Dalam hal ini, teknologi yang terhubung dalam IoT akan membuat semua perangkat bekerja secara maksimal. Setiap perangkat akan membantu mengatasi berbagai kebutuhan pengguna. Dalam hal ini, internet memegang peranan yang sangat penting karena mengoneksikan berbagai perangkat tersebut.

LEAVE A REPLY