Kemajuan teknologi saat ini berkembang sangat pesat. Tentu saja Anda tahu, banyak fasilitas umum yang kemudian memanfaatkan teknologi tiga dimensi untuk semakin menarik konsumen. Bioskop 3D salah satunya. Di bioskop 3D, Anda dapat melihat film seperti nyata. Setelah 3D dikembangkan, muncullah teknologi yang juga dimanfaatkan di bisokop, yaitu bioskop 4D. dengan fasilitas 4D, Anda bahkan seperti masuk dan terlibat dalam film yang sedang Anda tonton. Saat ini, semakin banyak peralatan yang juga menggunakan teknologi serba canggih.

Akhir-akhir ini, sebuah perusahaan arsitektur di Beijing memperkenalkan sentuhan akhir pada sebuah rumah atau vila dengan teknologi cetak 3D. dengan teknologi tersebut, perusahaan itu mencetak beberapa struktur rumah secara tiga dimensi. Sntuhan akhir yang diberikan pada vila cetak tigak dimensi itu hampir-hampir tidak dapat dihancurkan.

bangun-rumah-cetak-3dMengapa hampir-hampir tidak dapat dihancurkan? Ya, rumah yang dibangun tersebut memiliki struktur yang membanggakan. Ini adalah rumah bonafide yang strukturnya memiliki kemampuan menahan gempa berkekuatan 8.0 skala richter (SR). Dengan kemampuan tersebut, pantaslah jika rumah ini disebut-sebut sebagai rumah tahan gempa. Selain itu, kebanggaan lain dair rumah ini adalah waktu produksinya yang tidak memakan waktu yang lama, yaitu hanya membutuhkan waktu selama 45 hari atau kira-kira 1,5 bulan. Membuat rumah dengan waktu 1,5 bulan ditambah tahan gempa berkekuatan 8.0 skala richter? Apakah mungkin? Perusahaan arsitektur Beijing tersebut telah membuktikannya.

Memang, hasil arsitektur ini tidak dibocorkan harganya, tetapi dari teknologi tiga dimensi tersebut dapat diasumsikan bahwa biaya pembangunan rumah justru dapat dikurangi. Perusahaan dapat mengurangi biaya secara dramatid ketika membangun struktur dengan tekologi tiga dimensi dibandingkan jika membangun struktur serupa secara tradisional.

3d-murah-miniatur-rumahPastinya, Anda bertanya-tanya mengapa biaya produksi justru lebih dapat ditekan ketika membangun rumah dengan teknologi 3D dibandingkan dengan cara tradisional? Jawabannya adalah adanya salah satu faktor mengenai waktu. Seperti yang telah saya katakan di atas, rumah ini dapat dibangun dan diselesaikan hanya dalam waktu 45 hari, tentu itu waktu yang singkat. Dengan semakin singkatnya waktu pembangunan, tentu saja hal itu dapat menekan biara perusahaan. Pembangunan yang cepat dan dapat tepercaya ini dapat menjadi peluang pesat dan larisnya pengembangan pembangunan perumahan di masa depan.

Lalu, siapakah perusahaan di Beijing yang telah mengplikasikan teknologi luar biasa yang dapat bermanfaat bagi umat manusia ini? Tidak lain dan tidak bukan adalah Huashang Tengda. Rumah hasil karyanya yang menggunakan sentuhan teknologi tiga dimensi tersebut dirancang dan dibangun sepenuhnya di lokasi proyek. Akan tetapi, beberapa struktur cetak 3D lainnya ada yang diproduksi di fasilitas terpisah dan baru kemudian disatukan dalam waktu yang berbeda.

teknologi-3d-cetakPerusahaan Huashang Tengda juga menciptakan teknologi proses cetak yang benar-benar baru. Teknologi baru yang dimaksud adalah dengan memanfaatkan beton khusus untuk membangun rumah. Kru konstruksi akan lebih dulu memasang bingkai bangunan, termasuk rebar pendukung dan jaringan pipa di rumah. Hal itu tentu saja dilakukan sebelum memulai pembangunan.

Dalam proses mencetak hasil karya unik ini, perusahaan Huashang Tengda mengembangkan empat operasi utama pada perangkt luna, yaitu: pencampurna beton, transmisi, bahan rumusan elektronik, dan cetak 3D. ada sekitar 20 beton yang digunakan unruk membangun seluruh vila ini. Pada beberapa bagian, dindingnya memiliki ketebalan mencapai delapan kaki.  Setelah proses mencetak selesai, kru akan mengecat dan menghias interiror rumah agar terlihat lebih unik dan menarik.

printer-rumahHuashang Tengda juga menegaskan bahwa karena waktu pembangunan yang termasuk luar biasa cepat, biaya dapat ditekan, bahan baku yang sederhana dan ramah lingkungan akan dapat meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat. Salah satu pemanfaatan teknologi ini adalah dapat memperbaiki kondisi hidup petani. Manfaat sosial juga dapat dirasakan dengan adanya rumah yang dicetak dengan teknologi tiga dimesi ini. Huangshang juga berharap teknologi canggih nan inovatif tersebut akan dapat bermanfaat bagi mereka yang membuthkan.

Nah, canggih bukan? Rumah 3D ini benar-benar luar biasa. Kira-kira ada teknologi apa lagi ya untuk meyakinkan calon klien?

LEAVE A REPLY