xl-xmart-village-3-0-siap-dirikan-desa-digital-di-indonesia-01GadgetLIVE.co.id – Dunia digital berkembang begitu pesat. Kini, muncul perkembangan baru dalam dunia digital yaitu dengan membuat sebuah desa digital di Indonesia. Salah satu berita baru di Indonesia adalah bahwa XL Xmart Village 3.0 telah siap membangun desa digital di Indonesia. Mereka telah mulai menggarap program tersebut sejak tahun 2014. Kini, program terbaru tersebut memasuki babak baru. Program tersebut adalah bentuk kerja sama XL dengan Institut Teknologi Bandung (ITB). Standar baru ini akan membangun desa digital di Indonesia. Mereka menamai program tersebut dengan XL Xmart Village 3.0.

Program ini terwujud karena adanya pemikiran bahwa seringkali dunia teknologi hanya menjamah masyarakat perkotaan saja. Padahal, masyarakat desa pun sebenarnya mampu menerima hadirnya teknologi dunia digital. Masyarakat di desa sudah siap untuk memanfaatkan teknologi terbaru dalam kehidupan mereka sehari-hari, misalnya dalam hal membantu aktivitas harian, selain tentu saja sebagai alat komunikasi.

Namun, teknologi digital bisa menimbulkan dampak positif maupun negative. Apabila teknologi tersebut masuk ke desa, XL Xmart Village 3.0 ingin membangun desa digital yang memberikan manfaat secara positif, terutama untuk masyarakat. Oleh karena itulah, mereka menciptakan teknologi tersebut untuk sebuah tujuan memajukan kehidupan masyarakat desa melalui teknologi terkini.

Chief Digital Service XL, Joseph Lumban Gaol memberikan pernyataan bahwa program ini merupakan penerus dari program Xmart Village 1.0 dan 2.0. Nah, di tahun ketiga ini, yaitu pada program Xmart Village 3.0 mereka akan mengembangkan solusi yang bisa langsung diterapkan dalam aktivitas keseharian masyarakat desa. Program generasi ketiga ini juga akan menyasar aspek yang jumlahnya lebih banyak. Mereka mencoba meningkatkan perekonomian, dunia pariwisata, dan juga meningkatkan minat baca, budaya, kesehatan, dan administrasi desa.

Baca Juga : Langkah Mudah Sukses Saat Startup Bisnis

XL tampak sangat bersemangat membangun dan mengembangkan program ini dan tidak melepas para peneliti begitu saja. Ada berbagai macam aktivitas yang diwujudkan Xmart Village 3.0. Semua itu disiapkan untuk menyongsong suksesnya program ini. Beberapa aktivitas yang disiapkan antara lain digitalisasi taman bacaan, geomapping, standarisasi smart toilet, dan beberapa layanan digital yang lainnya, seperti berbagai media sosial instagram, pelatihan digital bagi anak dan wanita, dan juga pembuatan video 360.

Tidak hanya itu. XL juga telah menyiapkan berbagai perangkat yang mendukung program tersebut. Salah satunya adalah menyiapkan fasilitas perangkat Viral Reality (VR). Merea menggunakan perangkat itu untuk mendukung adanya digitalisasi taman bacaan. Perangkat VR tersebut pun saat ini sudah sesuai dengan program XL. Ada beberapa aplikasi yang juga telah disediakan untuk mempermudah penggunaan. Aplikasi tersebut telah sesuai dengan program internet Sehat atau Melek internet yang telah dan selalu dukung.

xl-xmart-village-3-0-siap-dirikan-desa-digital-di-indonesia-02Rencananya, XL aka meluncurkan program terbarunya, yaitu XL Xmart Village 3.0 akan dilakukan bersama-sama dengan beberapa Kepala Desa di Cibeusi, Lembang, Subang, Jawa Barat. Rencananya, peluncuran tersebut digunakan untuk melengkapi alat bantu promosi dengan membuat website yang ada berbagai info terkait dengan desa tersebut.

Sementara ini, ketika program ini telah diluncurkan, desa Cibeusi dan Batu Loceng masih  masuk dalam masa pendampingan. XL akan meneliti solusi-solusi apa yang membuat laptop dari awal, tetapi  atau  mejanya yang galak.

XL berharap masyarakat ini dapat lebih bekerja sama. Selama itu, kegiatan akan dimonitor apa langkah selanjutya dan seharusnya memang dipikirkan sekarang. Masukan-masukan dari masyarakat tentu akan membuat program semakin baik untuk XL Xmart Village 3.0 bselanjutnya.

 

LEAVE A REPLY