Di dunia bisnis ponsel, tampaknya Blackberry mulai redup suaranya. Tentunya, kita juga menyadari bahwa eksistensi Blackberry mulai dipertanyakan. Oleh karena itu, untuk tetap bertahan di dunia bisnis ponsel, Blackberry akhirnya mengembangkan smartphone dengan platform Android. Sayangnya, usaha pertama mereka belum mendapat hasil yang memuaskan.

Usaha pertama mereka merambah platform Android tidak sepenuhnya berjalan mulus dengan seri Priv. Generasi awal ponsel Android racikan Blackberry tersebut penjualannya tidak membuahkan hasil. Akan tetapi, hal itu tidak membuat Blackberry berhenti berusaha. Vendor asal Kanada ini dikabarkan akan merilis setidaknya dua smartphone Android, yaitu Rome dan Hamburg. Kali ini, kita akan membahas tentang Blackberry Hamburg saja karena isu yang beredar sudah semakin mendekati hari peluncuran produk tersebut.

bb-hamburg-rome-800x420-1Sebelumnya, telah muncul kabar juga bahwa Blackberry akan membahas  ponsel terbarunya tersebut pekan depan. Kali ini, Blackberry telah diketahui mendaftarkan perangkatnya ke daftar pemeriksaan di badan regulasi perangkat komunikasi Amerika Serikat, FCC. Tentu saja, kabar tersebut menjadi kabar baik untuk menunjukkan bukti bahwa Blackberry benar-benar akan memperkenalkan produk terbaru mereka.

Perangkat yang kabarnya telah didaftarkan di FCC tersebut adalah “Hamburg”. Informasi yang tersedia di benchmark ini mengungkap bahwa Hamburg memiliki spesifikasi mid-range. Ini menunjukkan adanya perubahan dari seri Priv yang high-end dan belum berhasil ketika rilis tahun lalu.

Blackberry Hamburg ini dikabarkan telah mendapatkan sertifikasi untuk Wi-Fi-nya pada Juni lalu. Dalam daftar pemeriksaan FCC tersebut, perangkat Blackberry Hamburg hadir dengan nomor model STH-100-2 (RJD211LW). Selain itu, dokumen FCC mengonfirmasikan TCL sebagai manufaktur dari ponsel cerdas ini.

960-spotted-blackberry-hamburg-shows-gfxbench-interesting-specsHamburg merupakan perangkat rebrand dari Alcatel Idol 4. Sementara itu, TCL merupakan pemilik Alcatel. Alcatel Idol 4 didukung prosesor Snapdragon 617 dengan CPU octa-core 1,7 GHz. Akan tetapi, generasi terbaru Blackberry Hamburg didukung oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 615 dengan CPU octa-core 1,5 GHz dan GPU Adreno 405.

Meskipun demikian, Hamburg juga disebut-sebut sebagai produk pembaruan dari ponsel Alcatel Idol 4, seperti dilansir GSMArena.com, Jumat, 22 Juli 2016. Hal itu disebabkan Blackberry yang memutuskan tidak lagi menggunakan Keyboard QWERTY fisik sehingga hampir disamakan dengan Alcatel Idol 4.

blackberry-hamburgSpesifikasi lain dari Blackberry Hamburg yang harus Anda ketahui adalah layarnya yang berukuran 5,2 inci dan beresolusi 1080 x 1920 piksel. RAM yang tersedia adalah 3 GB dengan memori internal 16 GB. Kapasitas baterai yang dipasang adalah 2.610 mAh. Jaringan yang dipakai jaringan ini adalah GSM quad-band/UMTS penta-band/LTE Deca-Band.

Sistem operasi yang digunakan Blackberry Hamburg adalah sistem operasi Android 6.0.1 Marshmallow. Selain itu, Hamburg dilengkapi dengan kamera depan dan belakang. Untuk kamera utama, yaitu kamera belakang, resolusinya mencapai 13 MP, sementara kamera depannya 8 MP. Kamera ini dilengkapi dengan fitur wide-angle yang semakin membuatmu tertarik.

blackberry-priv-review-aa-18-of-32-840x473Mengutip dari Phone Arena, BlackBerry Hamburg diharapkan dapat segera meluncur dan bakal rilis ke pasaran pada paruh kedua 2016 dengan harga berkisar antara US$300 (Rp4 juta) hingga US$400 (Rp5,3 juta). Harga tersebut dapat menjadi pertimbangan Anda jika memilih menunggu rilisnya Blackberry Hamburg.

Mengenai mengapa ponsel pintar ini diberi nama Hamburg, Blackberry belum mengenalkan lebih lanjut alasannya. Kita tinggal menunggu hari rilisnya ponsel Android baru ini. Tentunya, kita berharap bahwa Blackberry Hamburg dapat bersaing di dunia pasar digital agar Blackberry tetap dapat mempertahankan eksistensinya.

LEAVE A REPLY