Twitter Hadirkan Fitur Baru untuk Redam Hinaan

Twitter Mute Wodrs

GadgetLive.co.id – Twitter merupakan salah satu sosial media yang cukup populer di lingkungan masyarakat. Meskipun pengguna Twitter tidak sebanyak pengguna Facebook, namun sosial media yang berlogo burung berwarna biru ini cukup diminati oleh pengguna. Twitter kini juga tengah melakukan pengembangan pada layanannya. Pasalnya, Twitter melakukan perluasan pada fungsi fitur mute (bisukan).

Jika sebelumnya fungsi mute hanya digunakan untuk meredam twit yang tidak diinginkan, tanpa melakukan unfollow dari pengguna akun yang lain. Akan tetapi, kini pengguna dapat menggunakan fitur mute untuk membisukan kata-kata yang tidak diinginkan.

Seperti yang dikutip gadgetLIVE dari situs resminya pada hari 25 November 2016, mengungkapkan bahwa kini pengguna dapat mengaktifkan fitur mute untuk frasa atau kata kunci tertentu. Kehadiran fitur tersebut menjawab keinginan para pengguna yang menginginkan adanya fitur tersebut.

Twitter Stop Words

Lalu bagaimana cara menggunakannya? Untuk menggunakan fitur mute, kamu cukup mengaktifkan fitur tersebut dengan cara: Klik menu Notifications, pilih Settings. Kemudian klik menu Mute Words, dan masukkan beberapa kata yang ingin kamu mute (sembunyikan). Dengan hadirnya fitur terbaru Mute, akan menjadi salah satu cara memerangi aksi penghinaan yang kerap dilakukan di Twitter.

Seperti yang diungkapkan Twitter, yang menyatakan bahwa ada beberapa tantangan yang ahrus dihadapi pihak Twitter dalam memerangi aksi penghinaan, mengingat Twitter sendiri berada di dalam ranah publik dan real time. Bahkan Twitter sendiri selama ini telah melakukan refleksi menggunakan metode baru, fokus untuk mencari kebutuhan yang bersifat kritis, dan melakukan perbaikan secara bertahap. Twitter sendiri mengungkapkan bahwa ada 3 area yang difokuskan, yakni pengontrolan, pelaporan dan juga penegakkan.

Fitur mute sendiri merupakan bagian dari area pengontrolan. Sedangkan untuk area pelaporan, ada kebijakan perilaku kebencian, Twitter menggunakan kebijakannya melarang aksi penuh kebencian yang mengancam orang lain berdasarkan suku, etnis, kebangsaan, agama, gender, usia, keterbatasan fisik maupun penyakit yang diderita seseorang. Pihak Twitter sendiri akan memberikan cara yang lebih praktis dalam pelaporan terkait adanya ketidaknyamanan salah seorang pengguna karena pengguna yang lain, yakni melalui pilihan Report an issue. Sementara untuk area penegakkannya, pihak Twitter telah melatih kembali timnya untuk lebih mengerti tentang kebijakan Twitter.

Baca: Aplikasi terbaru Prisma Untuk Edit Foto Jadi Lukisan ala Picasso

Fitur ini telah dapat dipakai dengan cara mengaktifkan fitur mute untuk kata atau frasa tertentu yang telah kamu tentukan. Bahkan kini Twitter juga pernah melakukan pembaharuan perangkat internal, guna mendapatkan pelaporan yang lebih efektif. Dengan tujuan, agar bisa menjalankan proses dengan cepat dan transparan.

LEAVE A REPLY