merawat-rambut-02

GadgetLIVE.co.id – Rambut adalah mahkota bagi setiap manusia. Keindahannya senantiasa dijaga agar penampilan tampak lebih prima.

Namun, tidak jarang di balik penampilan yang seharusnya baik tersebut, terselip butir-butir ketombe yang mengganggu. Hal ini tentu menjadi sebuah masalah yang harus segera diatasi.

Mengatasi masalah ketombe tidak perlu terlalu panik. Ada empat langkah mudah yang dapat dilakukan untuk mengusir ketombe dari kulit kepala.

Berikut adalah empat cara mengusir ketombe dan mendapatkan rambut indah terjaga.

  1. Cari Akar Masalah

merawat-rambut-06

Ketombe tidak akan datang tanpa penyebab. Untuk mengatasi masalah ketombe, perlu diketahui dulu apa penyebab dari ketombe itu sendiri.

Biasanya, ketombe muncul karena adanya peningkatan pada Malassezia di kulit kepala. Malassezia sendiri adalah jamur menyerupai ragi yang berkembang di area berminyak di kulit kepala.

Apabila pertahanan di kulit kepala terganggu, malassezia akan menembus penghalang kulit kepala dan merontokkan sel kulit lebih banyak. Akibatnya, muncullah ketombe yang berupa serpihan dengan warna kuning keabuan.

  1. Jaga Kulit Kepala

merawat-rambut-05

Kulit kepala yang kering dapat mempercepat gejala ketombe. Kulit kepala kering dan terdehidrasi tersebut akan menyebabkan rasa gatal. Akibatnya, akan semakin banyak muncul serpihan berupa ketombe.

Ada baiknya untuk senantiasa menjaga kulit dalam kondisi terhidrasi agar bebas dari rasa gatal. Caranya dengan minum lebih banyak air untuk mengembalikan kelembapan pada kulit kepala.

Cuaca ekstrem juga dapat menjadi salah satu penyebab kulit kepala mengalami dehidrasi. Pastikan bahwa Anda menghindari memakai topi saat musim panas. Ketika musim dingin, jaga kondisi kepala agar tetap hangat.

Untuk para wanita, penataan rambut secara berlebihan juga dapat mengakibatkan kulit kepala kekeringan. Sebaiknya hindari menggunakan pengering, pengeriting, dan pelurus rambut.

  1. Gunakan Sampo Antiketombe

merawat-rambut-03

Ketombe yang mengganggu dapat diatasi dengan baik menggunakan sampo antiketombe. Namun, pastikan bahwa sampo yang digunakan sesuai dengan rambut Anda.

Sampo antiketombe bisa didapatkan di tokok obat maupun supermarket. Dengan perawatan secara teratur menggunakan cara yang tepat, ketombe akan hilang dari kulit kepala. Sampo antiketombe pun dapat digunakan untuk mencegah ketombe datang lagi.

  1. Hindarkan Minyak Berlebih

merawat-rambut-04

Kulit kepala harus pada kondisi norman untuk terhindar dari ketombe. Tidak boleh terlalu kering ataupun berminyak.

Kulit kepala menghasilkan minyal alami yang bernama sebum. Sebum berfungsi sebagai lapisan pelindung alami. Ia menjaga kulit kepala agar tetap terhidrasi dan tidak mengalami kekeringan.

Namun, sebum yang terlalu banyak juga tidak baik untuk kulit kepala. Hal ini karena sebum dapat menyebabkan rambut menjadi berminyak sehingga merangsang pertumbuhan ketombe.

Kulit kepala berminyak dapat diatasi dengan memakai produk perawatan rambt yang sesuai. Selain itu, sellau pastikan bahwa rambut dan kulit kepala dibilas sempurna ketika sedang keramas.

Dengan melakukan hal tersebut secara benar, penumpkan kotoran di kulit kepala akan berangsung menghilang. Minyak berlebih pun akan teratasi dengan baik.

LEAVE A REPLY