Mark-Zuckerberg-04

GadgetLIVE.co.id – Siapa yang tak kenal dengan Mark Zuckerberg, pendiri serta CEO jejaring sosial yang sangat terkenal di berbagai belahan dunia yakni Facebook. Yang merupakan jejaring sosial yang sangat populer di berbagai kalangan, dengan kekayaan yang melimpah. Namun, tahukah kamu bahwa kini Zuckerberg mulai menjual saham miliknya di perusahaan jejaring sosial facebook untuk tujuan amal. Dalam rangka merayakan kelahiran putranya bernama Maxima Zuckerberg atau yang dikenal dengan sebutan Max pada 2 Desember 2015 yang tahun lalu, Zuckerberg menyatakan rencana akan mendonasikan 99 persen dari hasil saham Facebook yang bernilai US$45 miliar atau setara dengan  Rp 618 triliun untuk misi amal kemanusiaan, yang meliputi kesehatan, pendidikan, akses internet promosi kesetaraan semua anak di generasi berikutnya serta memajukan potensi manusia. Pendanaan ini tidak dilakukan secara langsung tetapi secara bertahap sepanjang hidup mereka.

Mark-Zuckerberg-01

Dokumen yang diajukan Zuckerberg pada Senin (22/08/2016) kepada otoritas bursa saham Securities and Exchange Commission (SEC) Amerika Serikat menunjukkan bahwa ia menjual sahamnya sebanyak 768.000 lembar yang nilainya lebih dari US$95 juta atau setara dengan Rp 1,2 triliun. Ini menunjukkan bahwa Zuckerberg melakukan penjualan saham bukan sekedar pencairan uang semata, namun menepati janji dan rencananya yang akan menyumbangkan kekayaan yang berasal dari Facebook untuk menjalankan misi kemanusiaannya.

Mark-Zuckerberg-02

Hasil dari penjualan tersebut diserahkan pada sebuah organisasi bernama Chan Zuckerberg Initiative Holdings dan Chan Zuckerberg Foundation yang merupakan organisasi yang didirikan oleh Zuckerberg bersama sang istri. Pendanaan ini berfokus pada perbaikan pendidikan, penyembuhan penyakit, serta memperkuat komunitas. Pasangan Mark Zuckerberg dan Priscilla Chan juga berencana menjual dan menyumbangkan saham facebook dengan nilai lebih dari USD 1 miliar setiap tahunnya hingga 2018. Sebelumnya, di tahun 2010 Zuckerberg telah menyumbang sebesar USD 100 juta untuk perbaikan sarana pendidikan di wilayah Newark. Bergerak dalam misi kemanusiaan sudah menjadi kebiasaan sejak Zuckerberg dan istrinya Chan ketika masih muda, hal tersebut pun mendapatkan apresiasi dari banyak kalangan.

Mark-Zuckerberg-03

Namun, niat baik Zuckerberg sempat mendapatkan kritikan pedas dari orang-orang ketika ia menyumbangkan dana kepada organisasi bernama Chan Zuckerberg Initiative Holdings dan Chan Zuckerberg Foundation yang merupakan organisasi yang ia buat bersama istrinya Chan, karena dianggap hal ini merupakan cara Zuckerberg menghindari pajak. Menanggapi hal tersebut Zuckerberg tetap menyatakan bahwa ia akan membayar pajak ketika saham tersebut dijual.

LEAVE A REPLY