jamban-emas-01

GadgetLIVE.co.id – Ingatkah dengan Maurizio, sang seniman yang gemar menciptakan karya-karya provokatif?

Bulan Mei lalu ia membuat hebih dengan karya patung “Hitler Berlutut”. Karya tersebut dipamerkan di Balai Lelang Christie dan ditawarkan dengan harga Rp208 juta.

Bulan ini Maurizio kembali membuat karya mengagumkan yang kontroversial. Karya ini dipajang di Musem Guggenheim, New York, Amerika Serikat.

Bentuk karyanya adalah sebuah jamban. Tentu bukan jamban biasa.

jamban-emas-023

Jamban ini dibuat menggunakan bahan emas 18 karat. Ia memberi nama karyanya ini dengan “American”.

Jamban emas ini dipajang di salah satu toilet umum yang ada di Musem Guggenheim. Jamban ini menggantikan posisi jamban porselen yang kemudian dipindahkan.

Jamban American diletakkan persis di kawasan Fifth Avenue. Seperti diketahui, kawasan ini dikenal sebagai pusat perbelanjaan paling mahal di dunia.

Namun, jamban yang terletak di lokasi paling mahal ini tak lantas diterima begitu saja. Banyak pengunjung yang menganggap Maurizio terlalu berani dan kurang sopan dengan jamban emasnya tersebut.

jamban-emas-02

Jamban emas ini sendiri dapat dinikmati oleh pengunjung umum. Namun, pengunjung harus memberi tiket masuk ke museum terlebih dahulu.

Apa yang dibuat oleh Maurizio ini bukanlah karya pertama yang berhasil menghebohkan dunia. Seniman asal Milan ini memang dikenal suka membuat karya yang provokatif.

Karya lain yang juga provokatif adalah pahatan yang diberi nama “La Nona Ora” (Jam Kesembilan). Karya ini memperlihatkan Paul John Paul II yang sedang terjatuh di lantai.

LEAVE A REPLY