pangeran-alwaleed-dukung-wanita-saudi-untuk-mengemudi-01GadgetLIVE.co.id – Arab Saudi dikenal sebagai negara yang memiliki hukum ketat. Kaum wanita di Arab Saudi masih dibatasi untuk melakukan berbagia hal, termasuk saat mengemudi.

Akhir-akhir ini, Arab Saudi sedang dikejar untuk mencabut larangan mengemudi untuk wanita. Salah satu yang menyatakan dukungan terhadap wacana ini adalah Alwaleed bin Talal. Ia adalah miliader ternama sekaligus Pangeran Arab Saudi.

Pangeran Alwaleed menyatakan dukungan pada wacana pencabutan larangan mengemudi di kalangan wanita. Menurutnya, wanita memiliki hak untuk mengemudi. Pun, hak wanita untuk mengemudi sudah masuk sebagai permintaan mendesak untuk publik luas.

Melalui akun Twitter pribadinya, Pangeran Alwaleed menulis, “Hentikan perdebatan: Saatnya bagi wanita untuk mengemudi”.

Meskipun anggota keluarga Kerajaan Saudi, Pangeran Alwaleed merupakan sosok yang terbilang tidak biasa. Ia cenderung lebih terbuka dan terang-terangan dalam bersikap dan berbicara kepada publik.

Dalam hal ini, Pangeran Alwaleed memang tidak memiliki posisi politik. Namun, ia adalah pemimpin Kingdom Holding Co. Ia pun pemegang saham di bank ternama Amrika Serikat (AS), Citigroup. Ia juga memegang saham di taman hiburan Euro Disney.

Selain dikenal sebagai seorang filantropi, ia juga merupakan pejuang hak-hak wanita di Arab Saudi. Perjuangan tersebut telah ia lakukan sejak lama. Hal ini karena Arab Saudi memang memberlakukan aturan yang sangat ketat kepada kaum wanita. Pun, Arab Saudi menjadi satu-satunya negara di dunia yang melarang para wanita untuk mengemudi.

Baca Juga : Layar Gulung Fleksibel Siap Ramaikan Jagad Teknologi

Terkait dengan kicauan di Twitter, kantor milik Pangeran Alwaleed kemudian merilis pernyataan resmi terkait alasan mereka mendukung pencabutan larangan mengemudi untuk kaum wanita. Menurutnya, larangan untuk mengemudi masuk sebagai isu hak asasi. Isu ini sama saja dengan pelarangan wanita untuk tidak menerima pendidikan maupun untuk tidak memiliki identitas independen.

Pangeran Alwaleed menambahkan bahwa larangan-larangan tersebut termasuk sebagai perilaku tidak adil yang dilakukan oleh masyarakat tradisional. Larangan-larangan tersebut bahkan jauh lebih membatasi daripada hal-hal yang diizinkan dalam hukum agama.

pangeran-alwaleed-dukung-wanita-saudi-untuk-mengemudi-02

Pangeran Alwaleed menghubungkan penjelasannya dengan ‘kerugian ekonomi’ yang mungkin dialami negara. Larangan mengemudia membuat wanita menjadi bergantung pada sopir ataupun taksi. Kalaupun suami memiliki waktu untuk mengantarkan istri ke manapun, mereka membutuhkna izin dari kantor. Izin tersebut yang akan mengurangi produktivitas pegawai.

Memperbolehkan wanita untuk mengemudi adalah permintaan sosial yang mendesak. Hak ini terkait dengan situasi ekonomi di Arab Saudi pada saat ini.

Pendapatan Arab Saudi di sektor minyak diketahui mengalami penurunan hingga 51 persen pada tahun lalu. Belum lagi dengan anjolknya harga minyak dunia. Dua hal tersebut membuat otoritas Arab Saudi harus menunda sejumlah proyek besar yang sudah menanti. Selain itu, otoritas Arab Saudi juga harus memangkas pengeluaran dan menaikkan harga kebutuhan sehari-hari.

 

LEAVE A REPLY