Fat mature man measuring his belly with tape

Fat mature man measuring his belly with tape

GadgetLIVE.co.id – Perut buncit adalah salah satu masalah besar bagi pria. Terlebih, menghilangkan lemah di perut tak semudah menghilangkan lemak di bagian rubuh lain.

Padahal, jelas bahwa perut buncit membuat penampilan terlihat tak menarik. Anda pun akan menderita sindrom “minder”. Belum lagi dengan hambatan dalam bergerak saat beraktivitas.

Untuk itu, mari perhatikan beberapa hal di bawah ini! Perut buncit Anda dapat dikendalikan dengan beberapa cara di bawah ini.

  1. Konsumsi Banyak Protein

Fresh groceries in the kitchen

Protein adalah salah satu zat penting untuk menurunkan berat badan. Ada sekitar 25—30 persen kalori dalam protein yang dibakar untuk proses pencernaan.

Seseorang yang mengonsumsi lebih banyak protein akan memiliki lebih sedikit lemak di perut. Oleh sebab itu, ada baiknya rutin mengonsumsi makanan kaya protein, seperti telur, ikan, dan daging. Konsumsi sekitar 2—4 porsi sehari dengan diiringi minum air putih sebanyak 8 gelas sehari.

  1. Makan Teratur

perut-buncit-02

Biasakanlah untuk membuat jadwal makan dan mematuhinya. Akan lebih baik untuk makan dalam jeda 2—3 jam. Makan yang teratur akan menghindarkan Anda dari keinginan makan secara berlebihan.

Apabila terbias melewatkan makan dalam jangka panjang, tubuh akan berada pada kondisi anabolik. Tubuh akan mulai memecah jaringan untuk menghasilkan energi. Jika tidak diikuti dengan aktivitas fisik, lemah akan tertimbun di perut.

  1. Biasakan Sarapan Pagi

perut-buncit-03

Pelajar atau pekerja dengan aktivitas pagi hari biasanya melewatkan sarapan sehatnya. Padahal, kemungkinan obesitas pada orang yang terbiasa sarapan pagi adalah 35—50 persen lebih rendah daripada yang biasa melewatkan sarapan pagi.

Sarapan pagi membantu mengatur kadar insulin dan kelaparan. Dengan sarapan, Anda tidak akan makan berlebihan sepanjang hari.

  1. Rajin Lari

perut-buncit-04

Berlari bisa menjadi salah satu solusi bagi perut buncit Anda. Biasakan untuk menyisakan satu jam dalam sehari untuk berlari. Selain itu, tingkatkan kualitas hari dari waktu ke waktu.

  1. Diet Karbohidrat

perut-buncit-05

Karbohidrat dibutuhkan sebagai sumber energi. Namun, jangan sampai Anda mengonsumsi karbohidrt lebih dari yang dibutuhkan.

Cobalah untuk mengurangi kadar karbohidrat dalam tubuh. Cukupkan tubuh dengan porsi 50—60 porsi karbohidrat setiap hari.

  1. Kurangi Konsumsi Gula dan Minyak

perut-buncit-06

Gula dan minyak adalah dua bahan yang dapat menyebabkan penumpukan lemak di perut apabila dikonsumsi secara berlebihan. Takaran gula idela per hari adalah empat sendok makan. Adapun takaran untuk minyak adalah lima sendok makan.

  1. Makanan Kaya Serat

perut-buncit-07

Serat adalah salah satu zat penting untuk mendukung kesuksesan diet sehat. Fungsi utama serat adalah untuk membersihkan sistem pencernaan dan mendetoksifikasi tubuh. Serat pun dapat berguna untuk membantu proses pembakaran lemak.

Untuk diet sehat dan perut kembali rata, biasakan mengonsumsi makanan kaya serat. Mulailah dengan sayur-sayuran dan buah-buahan segar. Kadar serat terbaik adalah makan 3—4 porsi serat dalam sehari.

  1. Jauhi Stres

perut-buncit-08

Orang stres biasanya akan mengonsumsi makanan yang manis dan gurih agar perasaannya membaik. Padahal, makanan dengan dua rasa tersebut dapat menyebabkan obesitas.

Belum lagi dnegan hormon kortisol yang dilepaskan keika tubuh dalam keadaan stres berat. Hormon tersebut akan membuat tubuh menyimpan banyak lemak di bagian tengah tubuh, terutama perut.

Dalam kondisi stres, cobalah untuk tidak mendekati makanan manis dan gurih. Pun, sebaiknya segera netralkan perasaan agar tidak menimbulkan hormon pemicu lemak menumpuk.

  1. Kunyah Makanan dengan Lambat

perut-buncit-09

Untuk menghilangkan lemak, Anda perlu menurunkan prosi makan dengan kondisi kenyang yang bertahan lama. Biasakan untuk minum air putih sebelum makan. Kemudian, kunyahlah makanan secara lambat untuk membuat perut lebih cepat kenyang.

LEAVE A REPLY