Maling-iPhone-Apple-04

GadgetLIVE.co.id – iPhone memang termasuk produk yang mewah. Banyak orang mengincar iPhone. Akan tetapi, harganya yang melangit membuat para penggemarnya hanya bisa gigit jari. Oleh sebab itu, muncullah kriminal-kriminal iPhone yang licik dan jahat. Para pencuri iPhone ini membuat Apple membuat teknologi terbaru untuk menangkap para pencuri iPhone. Jika Anda termasuk pengguna iPhone, gunakan teknologi ini untuk keamanan iPhone Anda.

Sebenarnya, Apple sudah lama memikirkan bagaimana mengantisipasi banyaknya pencurian iPhone. Apple telah melakukan banyak hal sebagai bentuk upaya menyelamatkan para pengguna iPhone. Apple sudah pernah membesut fitur Find My iPhone untuk menemukan posisi terakhir ponsel iPhone Anda. Selain itu, ada pula teknologi enkripsi yang aktif ketika pengguna salah memasukkan password berulang kali. Ini merupakan salah satu antisipasi anti maling yang pernah dicoba Apple.

Maling-iPhone-Apple-01

Sayangnya, itu saja tidak cukup. Pencuri iPhone seperti tidak kehabisan akal untuk mendapatkan barang mewah ini kemudian memanfaatkannya untuk kepentingannya sendiri. Maling-maling iPhone pun bukan orang sembarangan. Mereka tentunya punya cara canggih juga untuk mengakali teknologi enkripsi maupun Find My iPhone. Para pencuri iPhone itu tentunya bisa saja membobol dua fitur tersebut dengan mudah.

Oleh karena itu, Apple terus memutar otak untuk lebih mengungguli teknologi para pencuri iPhone itu. Apple pun berpikir bahwa ia ingin agar pencuri iPhone itu dapat langsung dilumpuhkan di tempat tanpa si pencuri sadari bahwa ia sudah tertangkap.

Maling-iPhone-Apple-03

Akhirnya, Apple yang merupakan perusahaan raksasa teknologi yang bermarkas di Cupertino, California, Amerika Serikat, mengembangkan teknologi baru. Teknologi ini bertujuan untuk membekuk pencuri iPhone. Fitur canggih itu diberi nama ‘capturing biometric information for identifying unauthorized users’. Dengan fitur ini, sistem akan secara otomatis menangkap data sidik jari dan gambar dari pengguna ketika verifikasi gagal dilakukan. Begitulah informasi yang didapat dari Engadget dan dikuti detikINET.

Tidak hanya sidik jari dan gambar pengguna, Apple memaksimalkan upayanya menangkap si pencuri dengan mengumpulkan semua data biometris. Data yang dimaksud meliputi informasi biometris seperti waktu, lokasi perangkat, tekanan udara, kecepatan, data audio, dan lain-lain. Semua informasi lengkap tersebut akan dikumpulkan dan segera dikirm ke server Apple.

Setiap produk baru atau sesuatu yang baru, ketika dilempar ke masyarakat, tentu ada-ada saja pandangan negatifnya, meskipun ada pula pandangan positif. Dilihat dari keuntungannya, teknologi anti maling iPhone ini cukup efetif. Para pencuri Apple akan mendapat permasalahan besar karena mereka harus menyita banyak waktu untuk mengutak-atik iPhone yang dicurinya.

Maling-iPhone-Apple-02

Pandangan negatifnya, Apple ini dapat menjadikan masalah berkepanjangan yang sebenarnya tidak perlu ketika iPhone ini dipegang atau dimainkan oleh anak-anak yang tidak sengaja telah memicu aktifnya sistem anti maling tersebut. Jika ini sampai terjadi, anak-anak bisa jadi harus berurusan dengan pihak berwajib hanya gara-gara hal ini.

Meskipun demikian, adanya teknologi ini paling tidak membuat kita memiliki keamanan atas iPhone yang kita pegang, untuk urusan anak-anak, kita tentunya dapat mengontrol dan mengarahkan mereka. Akan tetapi, sayangnya Apple belum memberikan laporan resmi kapan teknologi ini dapat diterapkan. Yang terdengar hanyalah kabar bahwa Apple baru saja mengajukan paten atas temuan teknologi terbarunya. Namun, pengajuan paten tersebut belum disetujui oleh Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat (USPTO).

Nah, selain mengandalkan teknologi, kewaspadaan, kehati-hatian kita terhadap benda milik kita adalah bentuk tanggung jawab kamu sesuai kemampuan di bidang masing-masing.

LEAVE A REPLY