kirobo-mini-toyota-02

GadgetLIVE.co.id – Bepergian seorang diri menggunakan mobil pribadi akan menciptakan suasana yang sangat kesepian. Tidak ada teman bercerita ketika kantuk datang menyerang. Pun, tidak ada yang mengingatkan jika salah jalan atau salah arah. Bukan sekali hal ini menyebabkan kecelakaan di jalan raya.

Oleh sebab itu, Toyota mencoba mencarikan solusi. Mereka mengembangkan sebuah robot yangdapat dijadikan sebagai ‘teman’ selama perjalanan seorang diri.

Robot ini diberi nama Kirobo Mini. Robot asal Jepang ini memiliki tinggi hanya 10 sentimeter. Ukuran mini ini membuat pemilik mudah membawanya ke mana saja. Robot ini juga sangat cocok untuk diletakkan di dashboard mobil.

kirobo-mini-toyota-01

Kirobo Mini dikembangkan sebagai teman bercerita. Robot ini akan menjadi pendengar setia sekaligus menanggapi cerita-cerita sang pemilik.

Toyota sendiri menyatakan bahwa teknologi yang digunakan dalam Kirobo Mini tergolong sederhana. Robot ini bekerja dengan audio yang dikirimkan melalui mikrofon Kirobo ke smartphone yang memiliki aplikasi pendukung. Audio akan masuk ke layanan cloud Toyota untuk memberikan respons terbaik bagi si pencerita.

Dalam hal ini, Kirobo Mini terinspirasi dari anak-anak Jepang yang berbicara dengan boneka binatang miliknya.mereka tidak berkomunikasi secara nyata, tetapi hati mereka merasakan komunikasi yang nyata. Mereka lebih mudah berbicara dengan hal-hal tersebut daripada dnegan sistem navigasi.

Selain dapat mendengar dan memberi respons, Kirobo juga dapat bergerak. Ia dapat membuat kepalanya memutar berhadapan dengan si pembicara. Ia juga dapat menggeraka tangan sebagia tanda keekspresifannya.

kirobo-mini-toyota-03

Kirobo pun dilengkapi dengan sebuah kamera yang ada di dalam dirinya. Kamera tersebut digunakan untuk mengenali ekspresi wajah setiap orang yang berbicara. Dengan demikian, Kirobo dapat menyesuaikan dirinya dengan suasana hati si pembicara.

Untuk menjalankan tugas mulai sebagia “teman curhat”, Kirobo mampu melakukannya selama 2,5 jam saat baterai terisi penuh. Robot mini ini bisa didapatkan dengan harga US$392 atau senilai Rp5,06 juta. namun, harga tersebut belum termasuk layanan cloud Toyota sebesar 300 Yen setiap bulan.

LEAVE A REPLY