software-bajakan-01

GadgetLIVE.co.id – Masalah software bajakan sudah bukan hal yang baru didengar. Sejak beberapa tahun lalu pun sudah diketahui akan banyaknya software bajakan yang beredar luas di pasaran.

Bahkan, Indonesia tergolong sebagai negara yang tinggi dalam penggunaan software bajakan. Ada banyak faktor yang menjadi penyebab masalah tersebut. Salah satunya adalah minimnya pengetahuan konsumen dalam membedakan software yang asli dan palsu.

Menyikapi hal tersebut, Microsoft berinisiatif untuk memberikan pengetahun mengena cara memilih software yang asli dan bajakan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendeteksi software yang asli dan bajakan.

program-bajakan

Cara pertama adalah dengan melihat pada bungkus luarnya. Cara ini cukup mudah untuk dipraktikkan langsung.

Apabila sofware dibungkus menggunakan plastik murahan dan cover fotokopian, jelas bahwa itu bukan software asli. Terlebih jika software tidak dilengkapi dengan stiker dari distributor.

Cara kedua adalah dengan melihat tanda pengenal yang ada di bagian dalam CD. Produk dari Microsoft memiliki tanda hologram dengan berbentuk panah di bagian lingkaran cakram. Produk yang tidak memiliki tanda seperti itu jelas bukan software asli.

Untuk lebih yakinnya, konsumen dapat melihat di www.microsoft.com/howtell atau menghubungi Twitter @MicrosoftID. Di sana akan dibeberkan fakta yang akan membuat konsumen lebih yakin dengan software asli atau bajakan.

software-bajakan-03

Dalam hal ini, Microsoft Indonesia bekerja sama dengan Masyarakat Indonesia Anti-Pemalsuan (MIAP) sedang menghentikan peredaaran software bajakan. Peredarannya sendiri ternyata masih cukup luas di Indonesia.

Posisi peredaran software bajakan berada pada peringkat keempat dari tujuh klarifikasi produk yang sering dipalsukan. Posisi pertama dipegang oleh tinta printer dengan persentase 49,4 persen.

Pemalsuan software berada pada persentasi 33,44 persen. Jumlah ini terbilang menurun dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 40 persen.

LEAVE A REPLY